9 Kiat Cegah Nyeri Punggung

BERMASALAH dengan postur tubuh yang kurang sempurna? Lakukan saja beberapa latihan di bawah ini agar bentuk tubuh tetap sehat dan terjaga dari nyeri punggung.

Pernahkah Anda merasakan sakit punggung ketika duduk di depan komputer? Hal tersebut merupakan salah satu tanda postur tubuh tidak terbentuk dengan baik. Postur tubuh yang baik akan sanggup menopang tubuh dengan sempurna dalam sikap apapun.

Ya, tampil sehat memang harus dimulai dengan menjaga postur tubuh yang tepat. Dengan keberadaan tulang belakang yang kuat, tentu akan mendukung gerakan yang Anda lakukan. Ketika postur tubuh buruk, Anda akan dapat cepat lelah, sakit punggung kronis, sakit kepala, dan sebagainya.

Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memerbaiki postur tubuh, seperti dibeberkan Times of  India.


Duduk dengan posisi tepat

Bekerja di depan laptop sepanjang hari menjadi kesibukan yang sulit dihindari. Meski demikian, Anda dapat melakukannya dengan baik agar tidak menimbulkan rasa sakit di kemudian hari.

Caranya, lepaskan tekanan dari tulang belakang kemudian bagikan beban antara tulang ekor dan kedua kaki. Anggap saja bagian tubuh tersebut seperti tripod yang menopang tubuh Anda.


Membaca dalam posisi tubuh yang benar

Ketika membaca tidak dalam posisi yang baik, maka leher akan tegang, terutama ketika Anda membaca dalam posisi tengkurap. Tidak hanya nyeri punggung, sakit kepala juga bakal mengancam.



Jangan berlebihan membawa muatan di tas

Karena banyaknya barang yang mesti diangkut terutama ketika traveling, Anda kerap membawa tas dengan kapasitas berlebihan. Tentu hal ini tidak baik bagi kesehatan punggung Anda.

Jika membawa ransel, yang perlu Anda ingat adalah maksimal beban 20 persen dari berat badan Anda. Jika bahu mulai sakit lebih dari 10 menit usai membawa tas, artinya beban tersebut terlalu berat. Karenanya, segera turunkan muatan yang tidak diperlukan atau bawalah beban tersebut dalam tas terpisah.


Mengemudi dengan benar

Mengemudi setiap hari memang sangat melelahkan meskipun jok yang Anda duduki sangatlah nyaman. Untuk mengurangi gangguan sakit punggung, pastikan tempat duduk Anda dalam posisi yang benar sehingga memudahkan Anda menginjak gas dan rem.

Minimal jagalah jarak lutut Anda pada tingkat yang sama atau sedikit lebih tinggi dari pinggul Anda. Hal ini akan memudahkan Anda mengatur kemudi ketimbang memaksakan duduk dalam posisi tegak.

UNTUK mendapatkan postur tubuh yang sempurna, Anda perlu mengawali berbagai kegiatan dengan posisi yang benar. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah nyeri punggung ataupun cedera otot.

Jika Anda tertarik untuk membuat postur tubuh tetap dalam bentuk sempurna dan terbebas dari gangguan otot, inilah cara-cara yang dapat dicoba, seperti diulas Times of India.


Angkat beban dengan benar

Apakah pekerjaan Anda menuntut untuk mengangkat berkas bertumpuk-tumpuk seorang diri? Jika ya, pastikan tubuh berada dalam postur yang tepat sehingga dapat terhindar dari cedera otot.

Ketika hendak mengambil barang, sebaiknya janganlah membungkuk dari belakang. Sebaliknya, tekuk lutuk dengan punggung lurus, kemudian tarik objek ke tubuh Anda dan berjongkoklah sebelum kemudian mengangkatnya.


Selektif menggunakan sepatu hak tinggi

Saat Anda bekerja, menggunakan sepatu heels mungkin sebuah rutinitas yang sulit ditinggalkan. Hal ini sah-sah saja, tapi ketika perut sedang membuncit atau hamil, pastikan untuk mengurangi tinggi hak sepatu yang Anda gunakan.


Tidur dengan posisi yang tepat

Memertahankan sikap ketika tidur sama pentingnya ketika memertahankan sikap saat berjalan atau duduk. Tidur adalah saatnya tubuh dan tulang belakang meremajakan diri agar selaras.

Guna mendapatkan hasil istirahat yang maksinal, perhatikanlah posisi tidur. Tidurlah dalam posisi  horisontal agar tulang punggung Anda beristirahat dengan baik.



Melakukan olahraga otot

Postur yang baik dimulai dengan otot yang kuat, seperti bagian perut, punggung bawah, dan pinggul. Otot-otot inti tersebut tidak hanya menjaga punggung Anda sehat, juga tahan terhadap rasa sakit dan cedera. Olahraga secara teratur dipercaya dapat mengurangi nyeri punggung dan menjaga postur tubuh dengan baik.


Lakukan peregangan otot

Anda dapat melakukan latihan khusus yang dapat memerbaiki postur tubuh untuk memerkuat bagian otot Anda. Caranya, lakukan latihan peregangan tubuh secara tepat dan terarah, misalnya mulailah dengan peregangan tubuh dari posisi berdiri, berlutut, dan seterusnya.
Share:
Designed by MLNRFN | Distributed by MLNRFN