Merawat Kulkas

CARA MERAWAT KULKAS:
  1. Jangan terlalu sering membuka pintu kulkas. Pastikan pintu kulkas tertutup dengan rapat dan benar.  Jika pintu kulkas dibuka terlalu sering dan lama akan menyebabkan kinerja mesin kulkas menjadi lebih berat sehingga menyebabkannya mudah rusak.
  2. Masukkan makanan dan minuman secukupnya ke dalam kulkas supaya mesin dapat mendinginkan seluruh ruangan kulkas. Berikan jarak antar barang agar sirkulasi udara lancar. Jika kulkas terlalu penuh, suhu di dalamnya menjadi kurang dingin.
  3. Masukkan makanan dan minuman dalam wadah yang tertutup rapat sebelum memasukkannya ke dalam kulkas agar tetap steril.
  4. Dinginkan makanan dan minuman sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Jika makanan dan minuman dimasukkan dalam kondisi masih panas, akan menyebabkan beban pendinginan menjadi lebih berat.
  5. Gunakan stabilizer untuk mencegah perubahan tegangan listrik yang dipakai untuk operasional kulkas.
  6. Set temperatur kulkas sesuai kebutuhan. Jangan diset melebihi kebutuhan agar mesin tidak bekerja terlalu keras (dengan sia-sia) dan bisa mengehemat biaya.
  7. Jangan memasukkan benda terlalu berat ke dalam kulkas supaya rak kulkas tidak mudah pecah.
CARA MEMBERSIHKAN KULKAS:
  1. Bersihkan kulkas secara teratur  untuk menghindari timbulnya bau yang tidak sedap.
  2. Segera bersihkan makanan yang tumpah, terutama yang besifat asam, karena akan meninggalkan noda pada plastik jika dibiarkan.
  3. Jangan membersihkan kulkas dengan alat berpermukaan kasar, sikat, maupun larutan alkali.
  4. Bersihkan bunga es secara berkala, minimal sebulan sekali atau tergantung tingkat ketebalan bunga es. Semakin tebal bunga es akan memperburuk sistem pendinginan.
  5. Untuk kulkas 1 pintu, jangan bersihkan bunga es di freezer dengan benda tajam/ dengan cara mencongkel karena menyebabkan evaporator cepat rusak dan bocor.
  6. Untuk kulkas tipe defrost, saluran drain harus sering dibersihkan, karena apabila tersumbat, air bekas proses defrost akan menyumbat saluran sehingga tidak bisa keluar.
  7. Untuk kulkas tipe no frost, bunga es tidak perlu dibersihkan karena pencairan bunga es dilakukan secara otomatis 2 kali sehari dan air yang dihasilkan akan menguap karena panas yang dihasilkan oleh kompressor.
Share:
Designed by MLNRFN | Distributed by MLNRFN