Tiga Tips Jitu Memilih Kamera Saku

Memilih kamera saku ternyata gampang-gampang susah...Memilih kamera saku atau pocket camera ternyata bukanlah tugas yang mudah. Pasalnya, selain banyaknya model dan merek yang beredar di pasaran, banyak istilah yang diobral vendor yang pada akhirnya malah membingungkan sebagian konsumen.

Untuk mempermudah proses yang rumit itu, kami memberikan tiga langkah awal untuk memilih kamera saku yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Lupakan Megapixel
Inilah yang sering menjadi senjata marketing yang salah kaprah. Besaran megapixel bukanlah suatu ukuran yang menentukan kualitas hasil foto. Megapixel lebih merujuk pada ukuran cetak optimal yang dihasilkan kamera. Misalnya: untuk mencetak foto berukuran A4, Anda membutuhkan resolusi minimal 5 megapixel sedangkan untuk foto A3, minimal 10 megapixel. Bahkan untuk kebutuhan web, resolusi 2 megapixel sudah lebih dari cukup. Yang lebih menentukan sebenarnya adalah kualitas sensor, kualitas lensa, dan image processor.
Jadi, jangan jadikan megapixel sebagai acuan satu-satunya untuk memilih kamera saku.

Pastikan fiturnya berguna bagi Anda

2. Pilih Fiturnya

Perbedaan antara kamera saku kelas menengah dan kelas atas biasa terletak pada kelengkapan fitur ekstra. Pastikan fitur ekstra tersebut bermanfaat bagi Anda saat memilih sebuah kamera saku. Misalnya: jika nantinya akan jarang merekam video, Anda dapat memilih kamera saku yang lebih murah tapi dengan kualitas video standar non HD. Jika hanya akan memotret dalam mode otomatis, tentunya tidak perlu mengeluarkan uang lebih hanya untuk membeli kamera yang dilengkapi opsi pengaturan manual.
Tapi tentunya ada beberapa fitur ekstra yang penting seperti stabilizer yang berfungsi mengurangi efek gerakan tangan saat memotret serta fitur otomatis pintar yang dapat memilih scene mode sesuai dengan kondisi pencahayaan.

3. Cermati Desainnya

Desain dan ukuran kamera saku cukup beragam, tapi setidaknya ada satu hal penting yang berhubungan dengan lensa. Bagi yang agak ceroboh, dianjurkan memilih kamera saku dengan lensa yang dapat tersimpan ke dalam alias tanpa tutup lensa terpisah. Ini penting mengingat lensa harus selalu dalam kondisi terlindungi agar tidak pecah atau kotor.
Selain itu, pastikan ukuran kamera cocok untuk gaya penggunaan Anda. Bagi yang suka menggunakan tas kamera khusus, tentunya hampir tidak ada masalah. Tapi bagi yang suka menyelipkan kamera di saku celana atau baju, pastikan ukurannya muat.
Desain juga berhubungan dengan faktor ergonomis, yaitu kenyamanan saat digunakan. Jika memungkinkan, cobalah dulu kamera yang ingin dibeli. Peganglah kamera dalam berbagai posisi tangan dan rasakan apakah kamera ini pas di tangan atau tidak.

Tiga tips di atas adalah petunjuk teknis dalam memilih kamera saku. Tentunya banyak faktor non teknis saat memutuskan seperti diskon khusus atau rayuan penjaga toko yang menjagokan merek tertentu. .  
Shop safe shop smart!!

Share:
Designed by MLNRFN | Distributed by MLNRFN